Cara Kerja Internet Melalui Kabel, Pengertian Rinci


Cara kerja internet melalui kabel, internet memiliki pengertian jaringan yang mendunia, di zaman sekarang internet adalah sebuah kebutuhan, hal yang paling di minati, hal yang paling di butuhkan saat ini, namun kebanyakan orang hanya tau cara menggunakannya, asal ada paket data dan asal ada wifi maka itu di katakan sudah mengakses internet, hal tersebut memang benar, namun apakah kalian pernah berfikir bagaimanakah internet tersebut bisa sampai ke handphone kalian atau ke laptop kalian?, apakah kalian pernah berfikir kenapa kalian bisa mengakses google, facebook, atau instagram.

Internet pada dasarnya bila di simpulkan ke pengertian yang simple-simpelnya, bisa di katakan adalah sebuah jembatan, jembatan yang menghubungkan penggunak ke server google dan sejenisnya, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara kerja internet, begitu juga cara internet melalui kabel.

Internet memiliki banyak jalur agar dapat terhubung melalui pelanggan, mulai dari kabel, gelombang elektro, dan sejenisnya, namun kebanyakan jalur internet lebih banyak menggunakan jalur gelombang elektromaknetik, namun jalur internet melalui kabel tidak lah di tinggalkan. 

Cara kerja internet melalui kabel
1.Data-data yang di akses oleh pelanggan semuanya berada di server, data tersebut dapat di ambil jika kita memiliki akses dari perangkat pelanggan ke server.
2.Server memberikan akses dengan dua acara yaitu melalui antena, dan melalui kabel
3.Kabel yang terhubung ke server memiliki beragam jalur, salah satunya jalur laut.
4.kabel dari server di bagikan kebanyak negara, contohnya ke Indonesia, Indonesia mendapatkan akses internet dari negara lain melalui kabel bawah laut yang kemudian sampai di Indonesia, yang setelah itu di sambungkan ke sebuah pemancar untuk di bagikan ke IPS atau pengelola internet lainnya.
5.Pengelola internet membeli koneksi dari pemerintah, koneksi tersebut berupa alamat IP (internet protocol) atau sering di sebut GATEWAY untuk mereka sebar kembali dan menjadikan hal itu sebagai penghasila, para pengelola mengatur kembali koneksi tersebut agar sesuai dengan yang di inginkan para pelanggan.
6.Kebanyakan pengelola menyebarkan kembali koneksi internet melalui antena, yang akan di tangkap oleh antena pelanggan, lalu melalui kabel akses internet berjalan ke sisi pelanggan.
Namun ada juga dari pengelola internet langsung menggunnakan kabel jenis Fiber Optik ke sisi pelanggan.
7.Akses internet tersebut mengalir melalui serat optic menggunakan media partikel cahaya.
Setelah melalui kabel internet tersebut terhubung dengan alat yang di gunakan untuk menyalurkan internet, atau menyebarkan koneksi internet agar dapat menganbil atau mengakses data di server.

Pada dasarnya begitulah cara kerja internet melalui kabel secara sederhana, kebanyakan untuk sekarang jarang ada para operator yang menggunakan kabel, di karenakan beberapa hal, pertama karena tidak efesien, karena menggunakan kabel memerlukan banyak tenaga untuk menarik dan mengatur jalur kabel tersebut, lalu media kabel rentan rusak, maka dari itu media kabel hanya di gunakan untuk hal-hal tertentu contohnya hanya pada server maupun pada pelanggan dengan jarak yang tidak jauh.

Banyak juga orang yang jahil dan memotong jalur internet yang melalui kabel, maka dari itu banyak operator yang menggunakan gelombang elektro maknetik, contohnya kartu telepon yang ada di hand phone kalian, di karenakan tidak ribet dan tidak menggunakan banyak tenaga, namun sekarang ini para operator ISP pun sudah banyak berkembang, akibatnya sinyal gelombang elektro maknetik sudah banyak di gunakan,  dan tidak jarang terjadinya kerusakan sinyal karna terbentur dengan sinyal-sinyal lainnya.
Sekian artikel kali ini, trimaksih sudah membaca jika artikel ini bermanfaat silahkan di share agar dapat membantu dan menambah ilmu teman-teman kalian, jika ada salah kata mohon di maafkan dan jika kalian memiliki tambahan atau kurang puas silahkan komen di bawah. 

·    


Post a Comment

Previous Post Next Post