Kopi sebagai minuman Terpopuler Dunia


Kopi adalah salah satu minuman yang di sukai banyak orang selain teh, dan paling banyak di konsumsi masyarakat dunia karena cita rasa dan aromanya yang khas. Tidak heran kopi tidak pernah turun reputasinya, dan selalu ada hal baru yang berhubungan dengan kopi.

Banyak orang yang hanya sekedar penikmat kopi dan  menjadi pecinta, dan bahkan mampu menghasilkan pendapatan dari Kopi, banyak hal yang dapat di ulas mengenai kopi, tidak hanya ras dan aromanya saja.

Perkembangan kopi sudah sangat jauh, banyak campuran yang di kreasikan di dalamnya, dan juga banyak yang bereksperiment dengan tanamannya, kopi memiliki lebih dari 100 jenis pohon, namun tidak semuanya memiliki cita rasa yang nikmat. Ada bebrapa jenis kopi yang sudah terkenal dan menjadi dasar dari beberapa sajian kopi sekarang.

Kopi arabika

Arabika merupakan kopi pertama yang di budidaya manusia pada jaman dulu, dan merupakan kopi paling banyak di komsumsi, kopi arabika berasal dari negara Brazil, pohonnya sendiri membutuhkan waktu sekitar 9 bulan untuk tumbuh dan berbuah.

Kopi robusta

Kopi yang satu ini memiliki daun yang kuat dan tahan terhadap karat daun, setidaknya pohon ini dapat tumbuh pada ketinggian 400-700m, dan berasal dari negara Kongo, kopi robusta juga merupakan kopi yang banyak di komsumsi.

Kopi liberika

Kopi yang dapat tumbuh pada ketinggian 9 meter ini merupakan tanaman asal negara Afrika, dan dengan ukuran daun pohon dan buahnya yang besar.

Untuk mendapatkan minuman kopi dapat dimulai dari menanam, memanen hingga membuat biji kopi tersebut menjadi bubuk, mulai dari aroma rasa dan prosesnya, ada banyak yang dapat di bahas, namun tidak hanya itu saja, sejarahnya pun juga dapat di bahas.

Kopi yang  berkashiat dan berenergi merupakan minuman yang di temukan bangsa Etiopia yang merupakan bangsa dari benua Afrika pada 3000 tahun yang lalu (1000SM), di Indonesia sendiri kopi di kenal melalui beberapa sebab diantaranya perdagangan dunia.

Kopi memiliki banyak manfaat, di antanyanya, meningkatkan semangat dan fungsi otak, meredakan beberapa penyakit seperti sakit kepala, dan juga menguraki penyakit berat seperti kangker. Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen

Untuk kecantikan pun kopi termasuk salah satu solusinya, diantanya untuk mengencangkan kulit, kesuburan rambut, dan baik untuk diet.

Namun apapun yang berlebihan juga tidak bagus, kopi juga memiliki akibat jika di komsumsi lebih dari yang di sarankan  di antaranya.

Cemas

Kandungan yang banyak di ketahui orang dari kopi adalah kafein, manusia hanya boleh mengkomsumsi kafein kurang dari 1000 miligram perhari, jika lebih akan menimbulkan rasa gugup takut, gelisah, dan meningkatkan stess.

Jantung

Kopi memiliki sifat stimulant untuk meningkatkan tekanan darah, hal ini tidak menguntungkan bagi penderita penyakit jantung, yang akan berakibat pada kerja jantung di atas rata-rata, dan kerja jantung melebihi biasanya, sebenarnya hal tersebut yang membuat kita kuat dan tidak mengantuk.


Post a Comment

Previous Post Next Post