Pelatihan Barista Dan Usaha Warung Kopi

form google

Pada hari Sabtu (11/4/2020) kemarin pendaftaran kartu prakerja yang diluncurkan oleh pemerintah resmi dibuka.

Kartu prakerja ditargetkan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, para pengusaha mikro yang terdampak COVID-19, maupun para pekerja yang membutuhkan peningkatan keahlian.

Namun sebenarnya Program kartu prakerja lebih diprioritaskan  para pengangguran dengan usia yang relative muda dan para pekerja korban PHK.

Lalu siapa saja yang dapat mendaftarkan diri? asalkan merupkan warga negara Indonesia, dengan minimal umur 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti Pendidikan maupun pelatihan formal, orang tersebut dapat mendaftarkan diri sebagai peserta kartu prakerja.

Para peserta yang sudah dinyatakan lolos akan segera diarahkan untuk mengikuti pelatihan secara daring (online) selaman masa pandemic COVID-19.

Selain itu Kartu prakerja dapat hangus apabila peserta tidak menggunakan kartu prakerja untuk pelatihan selaman 30 hari terhitung sejak resmi bergabung menjadi peserta.

Selanjutnya ketika pelatihan pertama telah selesai, para peserta dapat menggunakan biaya yang telah diberikan pelatihan untuk membeli pelatihan-pelatihan tertentu sesuai dengan pilihan masing-masing  sampai pada tanggal 31 Desember 2020.

Para peserta kartu prakerja akan mendapatkan total dana (uang) subsidi sebesar 3.550.000 dengan beberapa rincian sebagai berikut, dana sebesar Rp 1.000.000 akan digunakan untuk pelatihan peserta. Dana intensif sebesar  Rp.600.000 per bulan (selama 4 bulan) dan intensif survey sebesar Rp.50.000 per survey, survey akan dilakukan sebanyak 3 kali, jadi total yang akan didapatkan peserta adalah Rp.150.000.

Dana bantuan sebesar Rp.1.000.000 yang diberikan secara non-tunai dapat digunakan untuk mengukuti beberapa pelatihan yang ada namun hanya bisa didapat satukali saja.

Sedangkan biaya intensif sebesar Rp.600.000 selama 4 bulan dapat bebas digunakan oleh para peserta, seperti untuk biaya konsumsi sehari-hari, transport dan lain sebagainya, selama masa pelatihan.

Ada sangat banyak pilihan pelatihan yang dapat di pilih dalam program kartu prakerja yang tentunya memiliki kelebihannya masing-masing. Salah satunya pelatihan barista dan wirausaha kopi yang dikelola oleh kopi jujur  the bencoolen coffee.


Memiliki usaha atau pekerjaan dibidang kopi sangatlah menguntungkan. Itu  bisa dilihat dari perkembangan usaha kopi dari waktu kewaktu yang terus berkembang pesat.

Seiring dengan bertambahnya jumlah warung kopi, semakin banyak pula jenis kopi yang ditawarkan sesuai tingkatan usia yang ada. Mulai dari untuk anak muda hingga untuk dewasa maupun orang tua.

Selain itu juga ada pekerjaan peracik kopi atau yang sering disebut barista. Barista termasuk kedalam salah satu pekerjaan yang paling diminati, selain karna hobi, barista juga menghasilkan pendapatan yang lumayan tinggi.

Untuk menjadi seorang barista bukanlah perkara yang mudah, perlu pemahaman secara mendalam mengenai kopi, jenis-jenisnya, rasa, ciri khas masing-masing kopi, dan tentunya cara meracik kopi dengan sempurna.

Begitu juga dengan memulai wirausaha di bidang kopi, tidak hanya modal, namun strategi dan mentalpun diperlukan untuk memulai sebuah usaha, langkah awal yang dapat kita lakukan diantaranya seperti berdagang online maupun membuka tempat berjualan sendiri.


Bencoolen Coffee hadir dengan memberikan banyak pelatihan barista dan usaha warung kopi, mulai dari bagaimana cara untuk memulai usaha kopi, berjualan kopi secara online, menjadi agen kopi. Bahkan hingga pelatihan untuk menjadi seorang barista handal.

Pelatihan yang diberikan oleh bencoolen coffee benar-benar berbeda dengan pelatihan lainnya, dimana para peserta akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak yang tentunya akan menjadi sangat bermanfaat dalam bidang  usaha kopi.

Dengan penjelasan yang kompleks mulai dari jenis-jenis kopi, tata cara memulai berwirausaha kopi hingga menjadi seorang barista yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang cakap serta mampu bersaing dengan yang lainnya.

Dengan konsep dan penjelasan yang terpadu, para peserta dapat dengan mudah membentuk pondasi dalam memahami usaha dibidang yang dipelajari (usaha kopi).

Selain itu, Bencoolen Coffee juga akan memberikan sertifikat bagi para peserta yang telah menyelesaian pelatihan dan berhasil lulus dalam ujian yang diberikan.

Para peserta dapat memanfaatkan sertifikat dari Bencoolen Coffee baik untuk mencari pekerjaan maupun menjadi seorang barista. Tentunya  sertifikat tersebut dapat dijadikan sebagai bukti kelayakan peserta pada bidang bidang yang telah ditekuni sebelumnya.

Dengan banyak keuntungan yang ditawarkan , para peserta kartu prakerja dapat menjadikan bencoolen coffee sebagai salah satu pilihan tempat pelatihan yang wajib diikuti.


1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post