Bencana Iklim Akibat Sampah

Selama masih di dunia pasti selalu ada proses pembuatan pemakaian dan juga pembuangan.

Kebanyakan hasil dari pembuangan tidak memiliki fungsi sama sekali, dan terkadang malah merusak.

Namun kenyataannya hasil pembuangan memiliki pengolahan yang tidak bagus dan merusak lingkungan saat ini.

Begitulah keadaan Bumi saat ini yang memeiliki keadaan sampah yang dapat mengancam kehidupan manusia kedepannya.

Sampah yang dihasilkan manusia ada berbagai macam, diantaranya sampah rumah tangga hingga sampah plastik yang sampai saat ini pun sangat-sangat susah untuk diolah.

Sampah-sampah yang bermateril plastik seperti botol dan kantong plastic akan menyebabkan perubahan iklim yang disebabkan bahan yang digunakan sebagai material plastic.

Banyak masalah yang akan ditimbulkan jika sampah-sampah sejenis plastik terus menumpuk diantaranya:

Kerusakan iklim, kerusakan yang dibuat sampah bisa menyebabkan suhu meningkat dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat barang tersebut.

Merusak ekosistem tanah, sampah yang tidak seharusnya berada dipermukaan bumi seperti plastik dapat merusak tanah yang menyebabkan tanah mati atau tidak dapat ditumbuhi tanaman dikareanakn bahan plastik yang pada dasarnya merupakan minyak bumi.

Kemusnahan bebebrapa jenis hewan, sampah dapat tidak sengaja termakan oleh hewan-hewan tertentu contohnya hewan laut, selain termakan sampah-sampah tersebut dapat mencemari tempat tinggal mereka dan menyebabkan kepunahan.

Bencana alam, tentu saja bencana seperti banjir tidak dapat terhindari karena pembuangan sampah secara sembarang yang menyebabkan saluran air tersumbat dan sejenisnya.

Masalah sampah sangatlah merepotkan, terutama karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan.

Terkadang karena  ketidaktahuan yang benar akibat sampah yang merusak Bumi, atau belum pernahnya merasakan kerusakan yang merugikan diri-sendiri menyebabkan beberapa orang tidak sadar akan kesalahannya.

Sampah selalu menjadi masalah utama kerusakan iklim Dunia, banyak kampanye-kampanye dan juga dukungan kuat dari pihak pemerinta dengan adanya hokum terkait larangan membuang sampah sembarangan.

Sepertihalnya di Indonesia terdapat larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan bila diketahui melakukan hal tersebut akan dikenakan sangsi.

Selain itu kesadaran tersebut harus dipupuk oleh diri sendiri dengan menyadari kebiasaan tersebut merupakan hal yang tidak berkenan atau tidak seharusnya dilakukan.

Saya sudah berbagi pengalaman soal perubahan iklim. Anda juga bisa berbagi dengan mengikuti lomba blog “Perubahan Iklim” yang diselenggarakan KBR (Kantor Berita Radio) dan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Syaratnya, bisa anda lihat di SINI. #PerubahanIklimKBR #SampahAncamanBumi


 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post