Hutan Indonesia Masa Kini


Siapa sih yang tidak tau hutan? Secara garis besar, hutan adalah tanah luas yang ditumbuhi oleh banyak pohon-pohon (biasanya tidak dipelihara orang alias dibiarkan begitu saja).

Keberadaan hutan tidak begitu sukar untuk dijumpai di berbagai belahan dunia khususnya di negara kita, Indonesia. Karena negara Indonesia terdiri dari 17.504 pulau-pulau yang tersebar seantero Nusantara, maka tidaklah aneh jika Indonesia ‘diberkati’ oleh kekayaan sumber daya alam yang begitu melimpah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Selain terkenal sebagai negara maritime dan agraris, Indonesia juga terkenal akan hutannya yang lebat dan rimbun, bahkan terbesar ketiga di dunia. Penyebaran hutan di Indonesia paling banyak terkonsentrasi di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Pemandangan di sana seolah-olah sudah menjadi hal yang lumrah.

Hutan memiliki segudang keuntungan yang tak dapat dikatakan satu per satu bagi banyak makhluk hidup. Selain kayunya (baca: pohon berkayu) yang dapat dijadikan sebagai material bangunan, hutan juga sering dimanfaatkan sebagai area untuk berburu makanan dan pembukaan lahan baru dan masih banyak yang lain lagi. Ngomong-ngomong, oksigen yang sebagian besar kita hirup setiap detiknya juga berasal dari wilayah hutan sebagai paru-paru dunia. Dapat dikatakan kebaikan alam yang diberikan oleh hutan tak dapat dihitung. 


Selain manusia saja yang memiliki hak untuk ‘menikmati’ kekayaan hutan, makhluk hidup yang lain seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan liar juga memiliki hak yang sama untuk menggunakannya sebagai tempat berkembang biak dan berlindung dari gangguan manusia.

Akan tetapi, semakin berkembangnya peradaban dan membengkaknya populasi umat manusia setiap hari, mau tidak mau seluruh isi alam termasuk hutan pun dijadikan sebagai ‘tumbal’ demi keberlangsungan umat manusia itu semata.

Sebagaimana kita telah mendapatkan ‘hak’ kita, maka konsekuensinya ialah kita diharuskan untuk menunaikan kewajiban kita. Oleh karena itu, tidak hanya dikuras saja manfaatnya, hutan sebagai harta karun yang memberikan sejuta kemaslahatan seharusnya turut juga dilindungi dan dilestarikan keberadaannya oleh semua pihak. Kelestarian hutan tidak bisa diabaikan dan dipandang sebelah mata begitu saja oleh kita semua. Itu adalah tanggung jawab kita bersama.

Saya sudah berbagi pengalaman soal perubahan iklim. Anda juga bisa berbagi dengan mengikuti lomba blog “Perubahan Iklim” yang diselenggarakan KBR (Kantor Berita Radio) dan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Syaratnya, bisa anda lihat di sini. #PerubahanIklimKBR #HutandanUdara

 


Post a Comment

Previous Post Next Post